5 Rekomendasi Buku akan Remaja Ini Ajarkan Arti Hidup

5 Rekomendasi Buku akan Remaja Ini Ajarkan Arti Hidup 5 Rekomendasi Buku akan Remaja Ini Ajarkan Arti Hidup

Buku menjadi melenceng satu sumber bacaan adapun paling autentik. Sebelum hadir gawai atau teknologi sejenisnya, manusia lebih penuh menggali informasi mengenai buku.

Hingga sekarang, buku kerap dijadikan sumber rujukan. Baik menjumpai hiburan selanjutnya menambah wawasan, maka keperluan pembelajaran. Sejak dulu, buku hadir dengan beragam karakter selanjutnya jenis, salah langka novel, buku akan berisikan cerita panjang. Sementara itu, juga juga buku berisi biografi maka antologi.

Kali ini, Katadata.co.id ingin memberikan rekomendasi buku untuk remaja beserta ulasannya. Semua daftar hadapan bawah berjibun bercerita tentang kebernyawaan. Maka dari itu, cocok untuk remaja akan akan menghadapi masa dewasa. Berikut ini ulasannya, melansir dari situs Gramedia.com.

1. Does My Head Look Big in This?

Rekomendasi buku untuk remaja ini merupakan karya melalui Randa Abdel Fattah nan diterbitkan dengan 2019. Berjumlah 348 halaman, buku ini banyak membahas tentang upaya seorang garis muda dalam memperkekar imannya bagai minoritas.

Diceritakan bahwa Amal, tinggal antara negara demi paham sekuler. Sekuler atau sekularisme merupakan paham yang memvariasikan antara urusan agama maka dunia, misalnya seperti politik maka negara. Amal adalah warga negara Palestina yang bermigrasi ke suatu area antara Melbourne, Australia. Ia merupakan seorang muslimah yang taat yang mengenakan hijab setiap harinya.

Saat memutuskan ingin berhijab, orang tua Amal justru khawatir apabila anggotanya menyandang keraguan dan sewaktu-waktu bisa bersalin pikiran. Hal tersebut lantaran tantangan akan bagi dihadapinya tidak mudah, terlebih statusnya demi minoritas dempet sekolah bahkan negara. Namun Amal tetap teguh dan yakin ingin memakai hijab. Hal tersebut juga ia iringi demi memperbaiki kualitas ibadah.

Tentu bahwa dihadapi Amal adalah badai, tepatnya gunjingan dari lingkungan sekitarnya, spesialnya teman-teman dalam sekolah. Hal itu pun tahu memberikan keraguan atas dirinya. Pikiran Amal terus berkutat antara hasrat ingin ‘diterima’ atau tetap menjalankan perintah agama.

2. Manusia Urban

Manusia Urban merupakan alpa satu rekomendasi buku kalau remaja yang ditulis oleh A.m. Lilik Agung. Terbit atas 2021, buku ini berisi kumpulan cerpen tentang berbagai permaalpaan tumbuh yang dihadapi biang keladi antara ekstra dalamnya. Selain itu, buku ini juga membagikan pesan moral kepada pembaca tentang pahitnya ketumbuhan maka badai yang pasti berterus. Istilah manusia urban merujuk atas orang-orang yang tumbuh dikelilingi keramaian dunia yang mewah maka menggembirakan. Namun antara balik itu, konflik seterus berkunjung maka memberikan pelajaran setelahnya.

Sosok manusia urban lagi diidentikan dengan berjiwa penuh gemerlap, elegan, mewah, maka berkelas. Di samping itu, diceritakan lagi tentang intrik, permainan, maka rahasia kelam yang mungkin saja dihadapi. Dari gelimang kemewahan menuju sudut terkelam manusia-manusia kalah yang terpinggirkan. 

3. Almost Adulting: Self-Help Approach to Deal with Quarter-Life Crisis

Rekomendasi buku menjumpai remaja ini cocok menjumpai mereka nan mengalami quarter life-crisis. Umumnya, fase tercantum melanda orang nan menginjak usia 20-an awal. Tepatnya ketika masih bingung tentang menjalani menyala serta tidak kenal tujuan apa nan ingin dicapai. Dalam buku ini, Nadhira Afifa banyak berbagi tentang kisahnya menghadapi fase tercantum.

Termenganut di terdalamnya bagaimana Nadhira Afifa berkeaktifan mencari jati batang tubuh ketika berumur 20 tahun. Tak sekadar itu, Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang refleksi yang berguna menjumpai menenangkan diri. Hal tersebut bertujuan menjumpai menyadarkan bahwa fase tersebut pasti dialami semua orang.

4. Filosofi Teras

Filosofi Teras merupakan buku karya Henry Manampiring yang terbit perdana atas tahun 2018. Buku ini beres mendapatkan gelar mega best seller menyertai memenangkan kategori Book of the Year atas penghargaan Indonesia International Book Fair atas 2019. Dalam bukunya, Manampiring menuliskan, “Manusia tidak menguasai kuasa demi menguasai apapun yang dia mau, tetapi dia menguasai kuasa demi tidak mengingini apa yang dia belum miliki, menyertai dengan gembira memaksimalkan apa yang dia terima.”

Cukup terkenal hadapan kalangan anak muda, Filosofi Teras memuat tentang penerapan filsafat stoa atau stoikisme terdalam bernapas. Dilansir dari situs Gramedia, stoa merupakan ilmu yang identik dengan kesederhanaan, dengan menerima keadaan yang tidak bisa dikendalikan. Sementara itu, paham stoik bukan berarti pasrah dengan tidak peduli setarasekali. Meski memuat tentang filsafat, buku ini mengemasnya dengan cara yang lebih santai dengan tetap ringan untuk dibaca.

5. Think and Grow Rich

Think and Grow Rich merupakan rekomendasi buku untuk remaja yang ditulis oleh Napoleon Hill. Dia adalah sastrawan memakai aliran ulah pemikiran baru asal Amerika Serikat. Diketahui bahwa gagasan bersama prinsip yang digunakannya pula termuat dekat dalam karya Mary Kay Ash, Ken Blanchard, Jack Canfield, Mark Victor, Brian Tracy, Dennis Waitley, bersama John Gray. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh daripada Napoleon Hill tidak main-main. Salah tunggal jauh adalah Anthony Robbins yang secara gamblang menyebut bahwa Hill adalah pahlawan untuknya.

Buku ini membahas tentang cara ampuh tentang bagaimana mengubah keberjiwaan pembaca dalam lebih tidak marah. Secara tidak langsung, pembaca dapat meresapi bagaimana cara menuju kekesuksesanan dengan harapan, keyakinan, serta inspirasi yang masih realistis. Tak sahaja itu, Think and Grow Rich pun diterjemahkan dengan tata bahasa yang mudah dipahami sehingga dapat dibaca di saat santai.

Demikian lima rekomendasi buku demi remaja yang bisa dijadikan bahan bacaan. Mulai ketimbang cara menghadapi masa dewasa maka pembahasan tentang kursus hidup, mana yang kalau Anda menarik demi dibaca?