Bagi Kalian Kaum Hawa Cocok Melakukan Olahraga Ini

Olahraga yang sedang trend bagi kaum hawa yaitu zumba Olahraga yang sedang trend bagi kaum hawa yaitu zumba

Melakukan olahraga memang sehat dan juga pada dasarnya setiap gerakan olahraga memang cocok untuk pria maupun wanita, namun ada kalanya beberapa dari kaum hawa lebih suka olahraga yang lebih feminim dengan maksud agar bentuk tubuh tidak terlalu berubah.

Jenis Olahraga Pilihan

Ada beberapa olahraga yang cocok dilakukan oleh kaum hawa tapi juga tetap bisa dilakukan oleh pria seperti uraian dibawah ini:

Olahraga / Gerakan Yoga

Yoga adalah olahraga yang mengkombinasikan gerakan fisik dengan pernapasan dan meditasi. Yoga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan tubuh, serta mengurangi stres dan kecemasan. Gerakan yang dilakukan melalui yoga juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Contoh gerakan yoga yang disukai dan banyak dilakukan oleh para wanita:

  • Tadasana (Gerakan Pohon) adalah gerakan dasar yoga yang dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh. Cara melakukannya adalah dengan berdiri tegak dengan kaki rapat dan tangan di sisi tubuh. Tinggikan lengan anda ke atas dan tinggikan kepala anda ke atas, seolah-olah menjadi pohon yang kokoh.
  • Utkatasana (Gerakan Kursi) adalah gerakan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan paha dan betis. Cara melakukannya adalah dengan berdiri tegak dengan kaki rapat dan tangan di sisi tubuh. Kemudian, duduk seolah-olah duduk di atas kursi dengan lutut sejajar dengan pergelangan kaki. Angkat tangan ke atas dan tinggikan kepala anda ke atas.
  • Virabhadrasana I (Gerakan Ksatria) adalah gerakan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan lengan, betis, dan paha. Cara melakukannya adalah dengan berdiri tegak dengan kaki rapat dan tangan di sisi tubuh. Kemudian, majukan kaki kanan ke depan dengan lutut sejajar dengan pergelangan kaki. Angkat tangan ke atas dan tinggikan kepala anda ke atas. Lakukan gerakan ini dengan kaki yang berbeda setiap kali.
  • Marjaryasana-Bitilasana (Gerakan Kucing-Anjing) adalah gerakan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan punggung dan lengan. Cara melakukannya adalah dengan berlutut di lantai dengan tangan di bawah bahu. Kemudian, angkat punggung anda ke atas seperti kucing dan turunkan kembali seperti anjing. Ulangi gerakan ini beberapa kali.
  • Savasana (Gerakan Kematian) adalah gerakan relaksasi yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Cara melakukannya adalah dengan berbaring di lantai dengan tangan di sisi tubuh. Pejamkan mata dan atur pernapasan anda hingga fokus di titik tenang. Rilekskan seluruh tubuh anda dan biarkan semua kegelisahan hilang.

Berenang

Renang adalah olahraga yang mengutamakan kekuatan dan kelenturan tubuh. Dengan melakukan olahraga renang maka kondisi fisik akan terjaga terutama kekuatan dari rongga pernafasan serta dapat mengurangi stres. Melakukan olahraga renang  juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes dan sangat cocok dilakukan bagi mereka yang memiliki masalah dengan tulang atau sendi. Untuk memulai belajar berenang, anda dapat mencari kelas berenang dan tidak mencoba untuk melakukannya secara mandiri. Pastikan untuk memakai pakaian renang yang sesuai dan menggunakan pelampung atau kaus kaki renang untuk melindungi kaki anda. 

Gerakan Zumba

Zumba adalah jenis olahraga yang mengkombinasikan gerakan latihan fisik dengan musik yang menyenangkan. Dalam rangkaian gerakan dari zumba, maka kita dilatih untuk dapat lebih fleksibel dan juga melatih keseimbangan tubuh. Untuk dapat menguasai Zumba, anda bisa mengikuti panduan melalui video di Internet atau mengunjungi pusat-pusat kebugaran. Jangan lupa untuk melakukan  pemanasan saat anda memutuskan untuk melakukan gerakan-gerakan zumba.

Bela Diri Muay Thai

Muay Thai adalah seni bela diri yang berasal dari Thailand yang mengutamakan penggunaan tangan, kaki, siku, dan lutut untuk melakukan serangan. Muay Thai juga dikenal sebagai "seni otot lembut" karena mengutamakan kekuatan otot yang terlatih daripada kekuatan fisik yang terlalu besar. Muay Thai dapat digunakan untuk latihan fisik yang intensif dan membantu meningkatkan kekuatan, koordinasi, dan keseimbangan tubuh. Muay Thai juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi stres.

Kesimpulan

Bagi sebagian wanita yang sangat memikirkan bentuk tubuh, tentunya akan merasa ketakutan apabila terlalu sering melakukan olahraga yang terfokus kepada pembentukan otot seperti angkat beban, push up dan sebagainya. Namun semua jenis olahraga memiliki manfaat yang berbeda sesuai dengan fokus yang dilakukannya.