Bahagianya Momen Kerja Bakti di Masa Sekolah. Apalagi Kalau Disuruh Pakai Baju Bebas~

kerja-bakti-masa-sekolah kerja-bakti-masa-sekolah

Dari zaman dulu engat sekarang ini, orang Indonesia memang terkenal dengan budaya saling membantu atau gotong royong. Bahkan, sejak mungil kita juga udah diajari tentang hal-hal tersebut. Salah satunya yang tentunya dialami oleh berjibun orang adalah agenda gotong royong di masa sekolah dulu. Entah zaman SD, SMP, ataupun SMA. Paling sering sih giliran zaman SD.

Kalau kamu ingat, dulu yang namanya gotong royong memapikkan area sekolah bersetara dengan siswa lain dan para guru ini udah menjadi agenda wajib dalam waktu tertentu. Selain itu, hari-hari di mana dilaksanakannya agenda gotong royong adalah melenceng satu hari paling membahagiakan kala itu. Pokoknya nggak kalah bahagia dibandingkan dengan saat ditinggal guru berdempetan. Ada yang masih ingat dengan tindakan yang satu ini nggak?

Biasanya sih agenda ini dilakukan setiap hari Jumat, pokoknya habis senam bersebanding

Namanya agenda mingguan atau bulanan, gotong royong ini biasanya dilakukan setiap hari Jumat, walaupun terkadang diadakan di hari Sabtu. Selain itu, agenda yang kerap dijadikan untuk arena membolos para siswa cowok ini juga dijadwalkan setelah aktivitas senam berserupa. Ya, zaman segitu setiap hari Jumat pasti anak-anak dari semua kelas paginya udah ngumpul di halaman tengah buat ikut senam berserupa, baru deh setelah itu kerja bakti.

Hal yang paling diingat adalah kita diminta untuk membawa alat-alat kebersihan senpribadi

Dalam momen kerja bakti di lingkungan sekolah ini, biasanya ada satu hal lagi yang sampai saat ini pasti diingat oleh berlebihan orang. Dulu ketika agenda itu berlangsung, anak-anak cewek biasanya dari rumah bawa kain pel lantai, sedangkan yang cowok bawa sabit kembar cangkul. Pembagian kerjanya kala itu juga unik banget, cowok-cowoknya mencabuti rumput dan bikin tanah di halaman sekolah biar semakin rata, sedangkan cewek-ceweknya ngumpulin rumput-rumput yang efektif, dicabuti untuk selanjutnya dibuang di belakang sekolah.

Meski kadang rasanya capek banget karena berasa kayak nguli, bahagianya batas itu nggak bisa digambarkan dengan kata-kata. Udah nggak ada ilmu, disuruh pakai baju bebas, ditambah lagi kita bisa berinteraksi dengan anak kelas lain. Seru!

Tapi biasanya sih sampai sekolahan juga cuma duduk santai dan makan jajanan, yang kerja bakti mah sebagian orang aja ????

Selain bikin bahagia karena pasti nggak pernah ada pengetahuan ketika diadakan agenda kerja bakti, yang bikin kita lebih bahagia lagi adalah ketika kita bisa membolos, apalagi kalau dulu kamu termasuk kelompok anak bandel. Ngaku deh, dulu setiap agenda ini berlangsung kamu cuma ikutan nampang muka sebentar, habis itu langsung cabut sebanding temen lain, kan?

Biasanya yang kayak gini sih memang anak-anak cowok. Entah itu yang ditinggal main bola, keluar dari sekolahan cuma buat cari rentalan PS, atau nongkrong di warung dekat sekolah. Pokoknya ada-ada ajalah caranya~ ????

Zaman sekarang sih mungkin masih ada beberapa sekolah yang tetap melestarikan budaya unik yang satu ini, tapi memang nggak sebanyak zaman dulu. Kalau dulu agenda ini biasa dilakukan di tingkat SD sangkat SMA, sekarang lebih kerap dilakukan oleh anak-anak SD aja. Beruntunglah kamu yang pernah merasakan momen kebahagiaan zaman sekolah yang satu ini.