Panduan Cara Menanam Timun Hidroponik Menggunakan Bahan Sederhana

gambar tersebut menyebutkan tentang cara menanam timun hidroponik gambar tersebut menyebutkan tentang cara menanam timun hidroponik

Panduan Cara Menanam Timun Hidroponik Menggunakan Bahan Sederhana

Guna menambah penghasilan tambahan selama musim pandemi, kamu bisa belajar tentang cara menanam timun hidroponik dengan memanfaatkan bahan sederhana. Selain dapat mengisi waktu luang selama dirumah saja, bercocok tanam sayuran timun ini juga dapat menambah penghasilan.

Sebab, harga timun di pasaran ini tengah mengalami kenaikan harga signifikan. Namun, di perkotaan besar ini tentu kamu akan kesulitan untuk mencari lahan berkebun. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk menggunakan metode hidroponik dalam bercocok tanam. Metode ini memang tidak membutuhkan lahan dan hanya menggunakan bahan-bahan sederhana.

Ini Dia Panduan Cara Menanam Timun Hidroponik dengan Bahan Seadanya

Tak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki lahan luas untuk bercocok tanam. Sebab, menanam sayuran dengan menggunakan metode hidroponik ini menjadi solusinya. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan seadanya untuk membuat lahan bercocok tanam.

Salah satu jenis sayuran yang dapat ditanam menggunakan sistem hidroponik adalah timun. Maka dari itu, ini dia cara menanam sayuran yang kaya akan mineral dengan sistem hidroponik. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Menyiapkan Bahan untuk Membuat Hidroponik

Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu beberapa bahan untuk membuat hidroponik. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan sederhana seperti box styrofoam, kain bekas, penyangga tanaman hingga pot kecil atau rockwool.

  1. Membuat Media Hidroponik

Langkah kedua, lapisi box styrofoam dengan menggunakan plastik warna hitam. Beri lubang sebesar gelas plastik air mineral. Jangan lupa, beri lubang sebesar jarum sebagai ventilasi hidroponik. Selain itu, bagian penutup cup juga diberi lubang guna proses fotosintetis bibit yang kamu tanam.

  1. Penanaman Bibit

Cara menanam timun hidroponik dengan bahan sederhana selanjutnya adalah penanaman bibit. Letakkan bibit di sebuah cup hidroponik. Kemudian, masukkan tanah dan sekam yang telah dicampur sebelumnya.

Jangan lupa beri pupuk dan nutrisi AB mix. Kemudian, beri air secukupnya. Lalu, tutup bagian atas cup dengan penutup plastik yang telah kamu beri lubang sebelumnya.

  1. Proses Panen Timun

Setelah memasuki masa perawatan sekitar 2 bulan hingga 3 bulan, maka timun ini dapat kamu panen. Cara panen pun sangat mudah. Segera petik timun dari tanamannya. Usakan kamu memotong tepat di bagian pangkal agar tidak merusak tanaman. Pastikan timun yang dipanen memiliki berat ideal agar dapat dijual dengan harga tinggi.

Kendala-Kendala Saat Menanam Timun dengan Metode Hidroponik

Meskipun metode ini menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah dibeli, namun tetap saja terdapat kendala saat proses penanaman timun hidroponik. Kendala pertama, budidayawan pemula ini masih belum paham bagaimana cara memilih bibit unggulan. Sebab, kamu tidak mengetahui perbedaan bibit tanaman berkualitas.

Maka dari itu, kamu harus memahami cara memilih bibit unggulan sebelum bercocok tanam. Kendala kedua, cara perawatan sayuran yang kaya akan kadar air ini terbilang cukup rumit. Terlebih ketika munculnya buah.

Kamu harus menggunakan penyangga agar timun tidak jatuh ke bawah. Selain itu, pemilihan nutrisi bibit juga menjadi salah satu kendala saat bercocok tanam menggunakan metode hidroponik dengan menggunakan bahan sederhana.

Tips Jitu bagi Budidayawan Pemula yang Belajar Cara Menanam Timun Hidroponik

Agar budidaya berjalan lancar, maka ada beberapa tips agar timun dapat tumbuh dengan berat ideal. Tips pertama, lakukan pemupukan dan pemberian nutrisi tanaman secara teratur.

Jika tidak, maka sayuran yang ditanam akan mengalami kekeringan atau tumbuh dengan berat tidak ideal. Sehingga, harga jual akan jatuh. Tentu saja, hal tersebut membuat kamu merugi. Sebab, timun yang dipanen dihargai murah oleh tengkulak.

Tips kedua, budidayawan pemula wajib belajar cara menanam timun hidroponik. Bukan tanpa alasan, sebab menanam sayuran yang kaya akan manfaat bagi tubuh ini terbilang gampang-gampang susah. Jika kamu tidak mempelajari sebelumnya, maka kamu akan kesulitan saat memelihara bibit hingga memasuki masa panen.

Tips ketiga, gunakan bahan-bahan sederhana untuk membuat media hidroponik. Kamu bisa memanfaatkan barang sederhana seperti styrofoam, plastik atau polybag, gelas air mineral, tanah, dan sekam. Jadi, modal untuk bercocok tanam sayuran timun dengan metode hidroponik ini sangat menguntungkan.

Sejak wabah corona masuk ke Indonesia, banyak orang dirumahkan karena kebijakan work from home. Untuk mengisi kegiatan, kamu bisa mencoba budidaya timun dengan metode hidroponik.

Sebab, metode ini dirasa sangat menguntungkan karena harga jual timun tengah melonjak naik. Maka dari itu, kamu bisa belajar cara menanam timun hidroponik menggunakan bahan sederhana.