breaking news New

ISTILAH CORDON BLEU YANG BERASAL DARI PITA BIRU BANGSAWAN PERANCIS

Cordon bleu, makanan yang satu ini menjadi salah satu hindangan yang sudah mendunia. Cordon Bleu memiliki arti yaitu ‘blue ribbon’ atau ‘pita biru’. Meskipun yang kita kenal istilah cordon bleu mengacu kepada panganan yang terbuat dari ayam, tetapi di negara asalnya, cordon bleu mengacu pada beberapa jenis makanan mulai dari chicken cordon bleu, veal cordon bleu, pork cordon bleu bisa kamu jumpai sebagai menu di restoran western.

Cordon bleu dikenal juga sebagai schnitzel cordon bleu. Makanan ini diartikan sebagai suatu daging yang dibalutkan mengelilingi keju atau bisa juga daging yang diberi isian keju. Daging ini kemudian dibalut dan digoreng dengan cara menggunakan sedikit minyak goreng atau secara deep fried. Daging yang biasa sering kita jumpai untuk olahan yang satu ini adalah daging ayam. makanan ini dikenal juga dengan nama chicken cordon bleu. Bagian ayam yang digunakan adalah dada ayam. varian olahan daging schnitzel tersebut pertama kali diperkenalkan di Brig, Swiss pada tahun 1940-an. Istilah chicken cordon bleu sendiri mulai dikenal setelah muncul di majalah New York Times pada tahun 1967.

Cordon bleu yang memiliki arti pita biru berasal dari bahasa Prancis. Di negara asalnya, semula makanan ini hanya diperuntukkan untuk beberapa pemiliki pita biru, yaitu kelas paling tinggi yang ada di Prancis, L’Odre des chevaliers du Saint-Esprit yang ada di bawah wewenang Henri III of France pada tahun 1578. Pada saat itu, Odre of The Knights ini adalah odre yang paling eksklusif di Perancis, karena tiap anggotanya dianugerahi Cross of the Holy Spirit, yang digantung bersama sebuah pita biru yang disebut cordon bleu, dalam suatu perjamuan yang sangat mewah.

Jadi, Chicken Cordon Bleu kira2 bisa diartikan sebagai masakan dari ayam berkualitas tinggi. Tapi, dari beberapa penelitian, Chicken Cordon Blue ini justru dibuat oleh orang Amerika yang terinspirasi dari masakan2 Eropa atau Perancis. Masakan Eropa yang mirip dengan Chicken Cordon Bleu adalah Chicken Kiev, ayam berisi seasoned butter dan ditaburi tepung roti. Terus, ada lagi masakan Swiss yang namanya Veal Cordon Bleu, di mana veal yaitu daging yang diproduksi dari sapi muda, juga diisi dengan ham dan cheese.

Seiring perjalanannya waktu istilah itu juga berubah menjadi standard persiapan makanan untuk bangsawan. Pita biru dipakai oleh koki pada apron mereka untuk memperlihatkan pertanda itu.