Kalian Bisa Melakukan Promosi Produk Melalui Aplikasi Games Lho!

Ilustrasi seseorang yang bermain games sekaligus mempromosikan produk Ilustrasi seseorang yang bermain games sekaligus mempromosikan produk

Melakukan promosi melalui berbagai media seperti media televisi, surat kabar atau majalah, poster, banner maupun iklan pada halaman website mungkin sudah anda ketahui dan menganggap hal tersebut adalah biasa. Ada sesuatu yang unik dilakukan oleh beberapa perusahaan yang melakukan promosi melalui sebuah permainan yang bisa dimainkan melalui perangkat komputer maupun melalui smartphone. Untuk melakukannya, tentu saja ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebuah perusahaan agar dapat melakukan promosi suatu produk pada aplikasi games seperti:

  • Integrasi produk dalam game: Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan menambahkan produk atau merek tertentu ke dalam game itu sendiri, seperti menampilkan produk dalam game atau menggunakan produk sebagai bagian dari gameplay.
  • Iklan di dalam game: Beberapa game menyediakan ruang untuk menampilkan iklan dari produsen atau pemasar lain. Iklan ini bisa muncul sebelum game dimulai, saat pemain beristirahat, atau di tengah-tengah permainan.
  • Game sebagai alat promosi: Game dapat digunakan sebagai alat promosi yang efektif bagi produsen atau pemasar yang ingin meningkatkan brand awareness atau mengarahkan orang ke situs web atau toko online.
  • Konten game yang terkait dengan produk: Pemasar dapat membuat game yang terkait dengan produk yang ingin dipromosikan. Misalnya, pemasar dapat membuat game yang menampilkan produk atau merek tertentu, atau game yang mengajarkan kepada pemain cara menggunakan produk tersebut.
  • Kompetisi game dan hadiah: Pemasar dapat mengadakan kompetisi game yang terkait dengan produk atau merek yang ingin dipromosikan, dengan hadiah yang menarik bagi pemain. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan brand awareness dan mengarahkan orang ke situs web atau toko online.

Berikut ini beberapa bagian kecil dari banyaknya perusahaan yang melakukan promosi melalui games yang diciptakan maupun hanya muncul pada beberapa bagian dari permainan saja:

  • Nike: Nike telah melakukan integrasi produk dalam game dengan menampilkan produknya dalam game olahraga seperti NBA 2K dan FIFA.
  • Coca-Cola: Coca-Cola telah menampilkan iklan di dalam game dengan memasang iklan di game populer seperti Candy Crush dan Farmville.
  • McDonald's: McDonald's telah menggunakan game sebagai alat promosi dengan membuat game yang terkait dengan produk atau mereknya, seperti game McDonald's Treasure Land Adventure yang mengajarkan kepada pemain cara menggunakan produk-produk McDonald's.
  • Samsung: Samsung telah membuat game yang terkait dengan produknya, seperti game Samsung Smart TV Game yang menampilkan produk Samsung Smart TV.
  • Procter & Gamble: Procter & Gamble telah mengadakan kompetisi game dan hadiah dengan mengadakan kompetisi game yang terkait dengan produk atau mereknya, seperti kompetisi game Tide Pods yang memberikan hadiah kepada pemain yang berhasil menyelesaikan game tersebut dengan baik.
  • Unilever: Unilever telah mempromosikan produk mereka melalui integrasi produk dalam game dengan menambahkan produk mereka ke dalam game-game populer seperti The Sims.
  • Chevrolet: Chevrolet telah mempromosikan produknya melalui iklan di dalam game dengan memasang iklan di game-game populer seperti Need for Speed.
  • Lego: Lego telah mempromosikan produknya melalui game yang terkait dengan produk atau mereknya, seperti game Lego City yang menampilkan produk Lego.
  • Pepsi: Pepsi telah mempromosikan produknya melalui game yang terkait dengan produk atau mereknya, seperti game Pepsi Max yang menampilkan produk Pepsi. Selain itu, Pepsi juga telah mempromosikan produknya melalui integrasi produk dalam game dengan menambahkan produk mereka ke dalam game-game populer seperti Grand Theft Auto.
  • Toyota: Toyota telah mempromosikan produk mobilnya melalui game yang terkait dengan produk atau mereknya, seperti game Toyota Dream Car Art Contest yang mengajarkan kepada pemain tentang mobil Toyota dan mengajak pemain untuk merancang mobil impian mereka sendiri. Selain itu, Toyota juga telah mempromosikan produk mobilnya melalui integrasi produk dalam game dengan menambahkan mobil Toyota ke dalam game-game populer seperti Need for Speed.
  • PT. Indofood Sukses Makmur Tbk: PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang makanan dan minuman, telah mempromosikan produknya melalui game yang terkait dengan produk atau mereknya, seperti game Indofood Treasure Hunt yang mengajarkan kepada pemain tentang produk Indofood dan mengajak pemain untuk mencari harta karun yang terkait dengan produk Indofood. Selain itu, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk juga telah mempromosikan produknya melalui integrasi produk dalam game dengan menambahkan produk Indofood ke dalam game-game populer seperti Cooking Mama.

Itulah sebagian kecil dari perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan game sebagai media promosinya, apakah ada dari permainan diatas yang pernah anda mainkan?