breaking news New

Makanan Khas Negara Vanuatu Yang Lezat Bikin Kamu Terpikat

Vanuatu merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Benua Oceania. Negara ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona, selain itu juga memiliki makanan khas yang unik dan lezat.

Negara ini menawarkan beragam kuliner yang unik dan khas serta terbuat dari bahan-bahan atau hasil bumi di Vanuatu yang sangat melimpah, khususnya pada kuliner lautnya atau seafood. Nah, untuk Kamu yag ingin berkunjung kesana, berikut adalah rekomendasi makanan khas Vanuatu yang wajib untuk dicicipi.

1. Laplap

Makanan khas Vanuatu yang unik ini terbuat dari parutan pisang, sukun, talas, atau ubi rambat yang kemudian diolah menjadi pasta sayuran yang kental.

Pasta ini kemudia dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan diberi daging sesuai selera, bisa dengan daging ayam atau ikan. Setelah diberi isian daging dan dibungkus, langkah selanjutnya yaitu dipanggang dibawah tanah dan kemudian disajikan dengan krim kelapa segar. Makanan ini memiliki tekstur yang lebut seperti puding.

2. Santo Beef

Selain kaya akan kuliner yang bernuansa hasil laut, namun warga di Vanuatu juga senang mengkonsumsi daging. Salah satu makanan dengan olahan daging di Vanuatu yaitu Santo Beef. Kuliner yang satu ini biasanya disajikan seperti steak pada umumnya, serta saat dimakan dagingnya tidak berlemak san sangat penuh dengan rasa.

Makanan ini terbuat dari daging sapi yang berasal dari peternakan lokal di pulau utara Santo. Yang membuat kuliner ini istimewa yaitu dagingnya yang sangat lembut san memiliki rasa yang unik, karena sapi-sapi di peternakan tersebut memakan rumput Vanuatu dan kulit kelapa.

3. Tuluk

Tuluk merupakan salah satu kuliner yang terbuat dari daging cincang yang dibalut dengan adonan singkong parut dan kemudian didalamnya diisi dengan daun bawang, lalu dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Makanan yang satu ini menggunakan bumbu yang cukup sederhana dalam membuatnya, seperti garam, merica, dan krim kelapa. Konon katanya, tuluk dibuat dengan menggunakan teknk khusus sehingga memerlukan waktu hingga 6 jam untuk memangganggnya di oven alami, yaitu di bawah tanah.


Itulah beberapa makanan khas dari negara Vanuatu yang unik dan lezat. Masih banyak lagi makanan yang harus kamu cicipi ketika berkunjung ke negara yang satu ini, karena memiliki keistimewaan dan keunikan yang tidak ada di belahan bumi lain. Apa makanan khas Vanuatu favorit Kamu?