breaking news New

SITU PATENGGANG DAN KISAH DI BALIK KEKUATAN CINTA SEJATI

Situ Patenggang berlokasi di Jalan Raya Ciwidey, Kecamatan Rancabalim Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tempat ini memiliki luas sekitar 45.000 hektar. Situ Patenggang dikelilingi oleh cagar alam yang luasnya mencapai 123.077 hektar, cagar alam ini masih sangat hijau dan luas. Dengan keindahan alam yang disuguhkan oleh tempat ini, tak heran mampu menarik wisatawan untuk berkunjung, tempat ini mulai dijadikan sebagai objek wisata pada tahun 1981.

Situ Patenggang memiliki sejarah mengenai adanya Batu Cinta dan Pulau Asmara. Yang konon tempat tersebut terbentuk karena kekuatan cinta sejati sebuah pasangan pada masa itu. Bagaimana kisahnya? Mari kita simak sejarah dari Situ Patenggang ini.

Sejarah Situ Patenggang
Nama Situ Patenggang terdiri dari 2 kata, situ dan patenggang. Situ memiliki arti danau, sedangkan patenggang memiliki arti saling mencari. Pemberian nama ini diambil dari sejarah yang diyakini terjadi di danau yang terletak di Ciwidey ini.

Kisah Situ Patenggang dimulai dari zaman Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Pajajaran. Situ Patenggang erat kaitannya dengan kisah cinta keponakan Raja Pajajaran bernama Raden Indra Jaya yang dikenal dengan nama Ki Santang. Bersama kekasihnya Dewi Rengganis yang merupakan putri Kerajaan Majapahit. Sayangnya, kisah cinta mereka tak berjalan mulus. Mereka berdua terpaksa harus berpisah dikarenakan peperangan diantara kedua kerajaan tersebut.

Ki Santang dan Dewi Rengganis justru membuktikan kekuatan cinta bisa mengalahkan segalanya. Setelah saling mencari, akhirnya pasangan ini bisa bertemu kembali di sebuah tempat di Bandung Selatan. Tempat tersebut dikenal dengan sebutan Batu Cinta Situ Patenggang.

Menurut legenda, Dewi Rengganis ingin berlayar dengan Ki Santang menggunakan perahu. Oleh karena itu, ia meminta pujaan hatinya itu membuatkan sebuah perahu. Konon katanya perahu yang dibuatkan oleh Ki Santang berubah menjadi sebuah pulau berbentuk hati. Pulau tersebut dikenal dengan nama Pulau Asmara. Tapi ada juga yang menyebutnya dengan nama Pulau Sasaka.
Pulau Asmara menjadi saksi bisu cinta pasangan itu. Kabarnya jika ada sepasang kekasih mengunjungi Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara, maka mereka akan jadi sepasang kekasih sejati. Meskipun kebenarannya masih jadi misteri.